jamur hanya tumbuh pada waktu tertentu, pada kondisi tertentu yang mendukung, dan lama hidupnya terbatas Sebagai contoh, jamur banyak muncul pada musim hujan di kayu-kayu lapuk, serasah, maupun tumpukan jerami. namun, jamur ini segera mati setelah musim kemarau tiba. Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, manusia telah mampu membudidayakan jamur dalam medium buatan, misalnya jamur merang, jamur tiram, dan jamur kuping.
CIRI JAMUR
Struktur tubuh jamur tergantung pada jenisnya. Ada jamur yang satu sel, misalnyo khamir, ada pula jamur yang multiseluler membentuk tubuh buah besar yang ukurannya mencapai satu meter, contohnyojamur kayu. Tubuh jamur tersusun dari komponen dasar yang disebut hifa. Hifa membentuk jaringan yang disebut miselium. Miselium menyusun jalinan-jalinan semu menjadi tubuh buah. | Gbr. Hifa yang membentuk miselium dan tubuh buah |
Kebanyakan hifa dibatasi oleh dinding melintang atau septa. Septa mempunyai pori besar yang cukup untuk dilewati ribosom, mitokondria, dan kadangkala inti sel yang mengalir dari sel ke sel. Akan tetapi, adapula hifa yang tidak bersepta atau hifa senositik.Struktur hifa senositik dihasilkan oleh pembelahan inti sel berkali-kali yang tidak diikuti dengan pembelahan sitoplasma.
Hifa pada jamur yang bersifat parasit biasanya mengalami modifikasi menjadi haustoria yang merupakan organ penyerap makanan dari substrat; haustoria dapat menembus jaringan substrat.
2. Cara Makan dan Habitat JamurSemua jenis jamur bersifat heterotrof. Namun, berbeda dengan organisme lainnya, jamur tidak memangsa dan mencernakan makanan. Clntuk memperoleh makanan, jamur menyerap zat organik dari lingkungan melalui hifa dan miseliumnya, kemudian menyimpannya dalam bentuk glikogen. Oleh karena jamur merupakan konsumen maka jamur bergantung pada substrat yang menyediakan karbohidrat, protein, vitamin, dan senyawa kimia lainnya. Semua zat itu diperoleh dari lingkungannya
3. Pertumbuhan dan Reproduksi
Reproduksi jamur dapat secara seksual (generatif) dan aseksual (vegetatif). Secara aseksual, jamur menghasilkan spora. Spora jamur berbeda-beda bentuk dan ukurannya dan biasanya uniseluler, tetapi adapula yang multiseluler. Apabila kondisi habitat sesuai, jamur memperbanyak diri dengan memproduksi sejumlah besar spora aseksual. Spora aseksual dapat terbawa air atau angin. Bila mendapatkan tempat yang cocok, maka spora akan berkecambah dan tumbuh menjadi jamur dewasa.
Reproduksi jamur dapat secara seksual (generatif) dan aseksual (vegetatif). Secara aseksual, jamur menghasilkan spora. Spora jamur berbeda-beda bentuk dan ukurannya dan biasanya uniseluler, tetapi adapula yang multiseluler. Apabila kondisi habitat sesuai, jamur memperbanyak diri dengan memproduksi sejumlah besar spora aseksual. Spora aseksual dapat terbawa air atau angin. Bila mendapatkan tempat yang cocok, maka spora akan berkecambah dan tumbuh menjadi jamur dewasa.
Reproduksi secara seksual pada jamur melalui kontak gametangium dan konjugasi. Kontak gametangium mengakibatkan terjadinya singami, yaitu persatuan sel dari dua individu. Singami terjadi dalam dua tahap, tahap pertama adalah plasmogami (peleburan sitoplasma) dan tahap kedua adalah kariogami (peleburan inti). Setelah plasmogami terjadi, inti sel dari masing-masing induk bersatu tetapi tidak melebur dan membentuk dikarion. Pasangan inti dalam sel dikarion atau miselium akan membelah dalam waktu beberapa bulan hingga beberapa tahun. Akhimya inti sel melebur membentuk sel diploid yang segera melakukan pembelahan meiosis.
KLASIFIKASI JAMUR
1 | MYXOMYCOTINA (Jamur lendir) • Myxomycotina merupakan jamur yang paling sederhana. • Mempunyai 2 fase hidup, yaitu:fase vegetatif (fase lendir) yang dapat bergerak seperti amuba, disebut plasmodium fase tubuh buah • Reproduksi : secara vegetatif dengan spora, yaitu spora kembara yang disebut myxoflagelata. Contoh spesies : Physarum polycephalum |
2 | OOMYCOTINA • Tubuhnya terdiri atas benang/hifa tidak bersekat, bercabang-cabang dan mengandung banyak inti. • Reproduksi:- Vegetatif : yang hidup di air dengan zoospora yang hidup di darat dengan sporangium dan konidia.- Generatif : bersatunya gamet jantan dan betina membentuk oospora yang selanjutnya tumbuh menjadi individu baru. Contoh spesies:a. Saprolegnia sp. : hidup saprofit pada bangkai ikan, serangga darat maupun serangga air.b. Phytophora infestans: penyebab penyakit busuk pada kentang. |
3 | ZYGOMYCOTINA • Tubuh multiseluler. • Habitat umumnya di darat sebagai saprofit. • Hifa tidak bersekat. • Reproduksi:- Vegetatif: dengan spora.- Generatif: dengan konyugasi hifa (+) dengan hlifa (-) akan menghasilkan zigospora yang nantinya akan tumbuh menjadi individu baru. Contoh spesies: a. Mucor mucedo : biasa hidup di kotoran ternak dan roti. b. Rhizopus oligosporus : jamur tempe. |
4 | ASCOMYCOTINA Contoh spesies:• Tubuh ada yang uniseluler dan ada yang multi se lul er. • Ascomycotina, multiseluler, hifanya bersekat dan berinti banyak. • Hidupnya: ada yang parasit, saprofit, ada yang bersimbiosis dengan ganggang membentuk Lichenes (Lumut kerak). • Reproduksi:- Vegetatif : pada jamur uniseluler membentuk tunas-tunas, pada yang multiseluler membentuk spora dari konidia.- Generatif: Membentuk askus yang menghasilkan askospora. 1. Sacharomyces cerevisae:sehari-hari dikenal sebagai ragi. - berguna untuk membuat bir, roti maupun alkohol.- mampu mengubah glukosa menjadi alkohol dan CO2 dengan proses fermentasi. 2. Neurospora sitophila:jamur oncom. 3. Peniciliium noJaJum dan Penicillium chrysogenumpenghasil antibiotika penisilin. 4. Penicillium camemberti dan Penicillium roquefortiberguna untuk mengharumkan keju. 5. Aspergillus oryzae untuk membuat sake dan kecap. 6. Aspergillus wentii untuk membuat kecap 7. Aspergillus flavus menghasilkan racun aflatoksin Þ hidup pada biji-bijian. flatoksin salah satu penyebab kanker hati. |
5 | BASIDIOMYCOTINA • Ciri khasnya alat repoduksi generatifnya berupa basidium sebagaibadan penghasil spora. • Kebanyalcan anggota spesies berukuran makroskopik. Contoh spesies: 1. Volvariella volvacea :jamur merang, dapat dimakan dan sudah dibudidayakan 2. Auricularia polytricha :jamur kuping, dapat dimakan dan sudah dibudidayakan |
6. | DEUTEROMYCOTIN Nama lainnya Fungi Imperfecti (jamur tidak sempurna) dinamakan demikian karena pada jamur ini belum diketahui dengan pasti cara pembiakan secara generatif. Contoh : Jamur Oncom sebelum diketahui pembiakan generatifnya dinamakan Monilia sitophila tetapi setelah diketahui pembiakan generatifnya yang berupa askus namanya diganti menjadi Neurospora sitophila dimasukkan ke dalam Ascomycotina. Banyak penyakit kulit karena jamur (dermatomikosis) disebabkan oleh jamur dari golongan ini, misalnya :Epidermophyton fluocosum penyebab penyakit kaki atlit, Microsporum sp., Trichophyton sp. penyebab penyakit kurap. Mikorhiza adalah simbiosis antara jamur dengan tumbuhan tingkat tinggi, jamur yang dari Divisio Zygomycotina, Ascomycotina dan Basidiomycotina. LICHENES / LIKENES Likenes adalah simbiosis antara ganggang dengan jamur, ganggangnya berasal dari ganggang hijau atau ganggang biru, jamurnya berasal dari Ascomycotina atau Basidiomycotina. Likenes tergolong tumbuhan pionir/vegetasi perintis karena mampu hidup di tempat-tempat yang ekstrim. |
Evaluasi
1. Bagian tubuh jamur yang berfungsi untuk menyerap makanan adalah
A. Spora
B. Miselium Generetif
C. Miselium Vegetatif
D. Badan buah
E. Septum
2. Jamur yang digunakan untuk pembuatan tempe adalah
A. Amanita muscaria
B. Saccharomyces cereviceae
C. Penicilium notatum
D. Neurospora Crassa
E. Rhizopus Oryzae
3. Berikut ini adalah jamur yang reproduksi secara aseksual, kecuali
A. fragmentasi miselium
B. Pembentukan kuncup atau tunas
C. Pembentukan akospora
D. Pembentukan konidiospora
E, Pembentukan sporangiospora
4. Saccaromyces cereviceae melakukan reproduksi aseksual dengan cara?
A. pertunasan
B. Fragmentasi miselium
C. Pembentukan askospora
D. Pembentukan basidiospora
E. Pembentukan zigospora
5. Spora aseksual pada jamur basidiomycota adalah
A. Sporangiospora
B. Basidiospora
C. Konidiospora
D. Blastospora
E. Zoospora
PENDAPAT
Menurut Cynthia, jamur tidaklah semuanya merugikan, namun juga ada yang menguntungkan. contohnya jamur jamur yang dapat kita makan dan memberi kesehatan bagi tubuh manusia. selain itu lewat pembelajaran jamur ini saya semakin sadar bahwa Tuhan menciptakan segala sesuatunya pasti dengan suatu tujuan.
Menurut Cressa, beberapa jamur yang dapat dikonsumsi, seperti jamur merang dan enoki, merupakan makanan yang enak dan sehat untuk tubuh. ini membuktikan bahwa jamur tidak hanya merugikan namun juga menguntungkan. Tetapi masih ada jamur yang tidak dapat teridentifikasi, karena itu kita sebagai generasi muda harus belajar lebih giat lagi agar dapat mengembangkan teknologi dan ilmu pengetahuan sehingga kita dapat mencari lebih jauh tentang klasifikasi jamur, khususnya bagi yang memang merasa cocok di bidang ini.
Menurut Clarissa, jamur itu banyak yang merugikan seperti menjadi parasit dan lain lain. Namun di sisi itu, jamur juga mempunyai banyak manfaat seperti beberapa jenis jamur bisa dimakan (contoh : Shitake, jamur kuping dan lain-lain), dijadikan soup dan itu sehat bagi tubuh kita. Jadi kesimpulan yang saya bisa dapatkan dari bab fungi ini adalah jangan melihat suatu benda dari sisi buruk/negatifnya, tetapi lihat juga sisi positif yang dia miliki.
Menurut Cressa, beberapa jamur yang dapat dikonsumsi, seperti jamur merang dan enoki, merupakan makanan yang enak dan sehat untuk tubuh. ini membuktikan bahwa jamur tidak hanya merugikan namun juga menguntungkan. Tetapi masih ada jamur yang tidak dapat teridentifikasi, karena itu kita sebagai generasi muda harus belajar lebih giat lagi agar dapat mengembangkan teknologi dan ilmu pengetahuan sehingga kita dapat mencari lebih jauh tentang klasifikasi jamur, khususnya bagi yang memang merasa cocok di bidang ini.
Menurut Clarissa, jamur itu banyak yang merugikan seperti menjadi parasit dan lain lain. Namun di sisi itu, jamur juga mempunyai banyak manfaat seperti beberapa jenis jamur bisa dimakan (contoh : Shitake, jamur kuping dan lain-lain), dijadikan soup dan itu sehat bagi tubuh kita. Jadi kesimpulan yang saya bisa dapatkan dari bab fungi ini adalah jangan melihat suatu benda dari sisi buruk/negatifnya, tetapi lihat juga sisi positif yang dia miliki.